Saturday 28 March 2015

Ini Cara Benar Merawat Kulit Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit Anda


merawat kulit wajah sesuai jenis kulit

Kulit wajah termasuk bagian yang paling sensitif. Merawatnya pun juga harus benar. Salah sedikit saja saat merawatnya bisa menimbulkan masalah berkepanjangan. Agar tidak terjadi masalah serius, Anda perlu melakukan perawatan sesuai dengan jenis kulit wajahnya. Inilah cara benar merawat kulit wajah sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

Untuk Jenis Kulit Normal
Perawatan yang diperlukan untuk jenis kulit ini tidaklah terlalu sulit. Hal ini karena kulit normal tidak mempunyai jenis-jenis perawatan yang berat sebagaimana jenis kulit lainnya. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit ini tidak usah terlalu bingung untuk merawatnya. Sebab tidak dirawat dengan bahan-bahan atau kosmetik tertentu saja sudah kelihatan bersih, indah dan bercahaya.

Jika memang Anda ingin melakukan perawatan maka harus berhati-hati dalam memilihnya. Sebab jika salah memilih kosmetik bukannya malah memperindah tetapi dikhawatirkan sebaliknya. Alih-alih memperindah justru malah merusak kulit wajah. Oleh sebab itu, bagi Anda  yang memiliki jenis kulit wajah seperti ini pintar-pintarlah dalam memilih kosmetik dan perawatannya. Misalnya, dengan memilih pelembab yang tidak terlalu berat serta pakailah sabun atau aksesori wajah sesuai dengan kulit normal Anda.

Untuk Jenis Kulit Berminyak
Perawatan kulit wajah yang berminyak ini harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan ukuran yang tepat. Sebab jika kita menggunakan sabun batang yang khusus untuk kulit berminyak secara berlebih justru akan membuat wajah menjadi kering karena berkurangnya kadar minyak wajah. Maka dari itu, perhatikanlah perawatan wajah di bawah ini. 

1). Janganlah terlalu sering mencuci muka dengan sabun. Sebab dapat merangsang produksi kelenjar minyak secara berlebihan.

2). Usaplah wajah Anda dengan tissue setelah selesai mengenakan rias wajah. Hal ini untuk mencegah lunturnya foundation (alas bedak).

3). Gunakanlah alas bedak yang berbentuk lotion dari pada krim sebab lebih ringan di kulit. Jika perlu pergunakanlah juga sunscreen.

3). Lakukanlah diet secara teratur atau lakukanlah puasa. Hal ini merupakan langkah yang cukup efektif dalam menangani masalah kulit berminyak. Dengan diet atau puasa, pola makan seseorang akan berkurang dan dapat mengistirahatkan organ pencernaan yang memproduksi kelenjar. Dengan diet, seseorang akan menghindari jenis makanan yang dapat memicu timbulnya keringat dan makanan-makanan berminyak, seperti gorengan dan santan. Sehinggga dengan diet atau berpuasa, pola makan dan prosuksi kelenjar minyak jadi terkontrol.

4). Sebenarnya minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous bermanfaat untuk membantu melicinkan kulit dan membantu memelihara kelembaban kulit. Makanya janganlah sering-sering mencuci kulit wajah Anda dengan air, lebih-lebih sabun. Sebab hal dapat menghilangkan sebum wajah sehingga membuat kulit wajah menjadi kering, bersisik dan kadang gatal.

5). Jika Anda ingin mencuci wajah Anda, lebih baik jangan menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia dan mengandung alkohol. Lebih baik jika Anda memakai sabun yang berbahan alamiah, seperti minyak zaitun, almond atau alpukat dan lainnya.

6). Yang lebih penting lagi ialah, gunakanlah pelembab yang memang cocok dengan jenis kulit Anda. Misalnya, pelembab yang berbahan dasar kimia atau sintesis dapat menyebabkan termasuk reaksi alergi, dehidrasi dan bahkan jerawat. Maka di sini pentingnya memilih pelembab yang pas buat kulit wajah Anda. Selain itu, jika kita hendak melakukan perawatan atau membeli pelembab dan sabun, maka pilihlah sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Biasanya hal ini juga memang sudah tersedia di toko-toko atau pasar.

Untuk Jenis Kulit Kering
Kulit kering merupakan kondisi di mana kulit wajah terlihat kering dan kekurangan minyak. Jika Anda memiliki jenis kulit wajah seperti ini janganlah khawatir sebab hal ini dapat diatasi. Oleh sebab itu, simaklah beberapa tips perawatan untuk jenis kulit wajah kering berikut ini.

1). Dalam satu hari, sering-seringlah dalam menggunakan pelembap di wajah. Yang lebih cocok menggunakan sunscreen ber-SPF tinggi. Dan janganlah memakai bedak tanpa mengoleskan pelembap terlebih dahulu. Hal ini karena pelembab dapat membantu melembabkan kulit wajah Anda sehgingga tidak terlihat kering.

2). Hindarilah penggunaan sabun di wajah Anda. Sabun akan membuat minyak wajah menjadi berkurang atau hilang. Sehingga akan membuat kulit wajah menjadi kering dan kadang bersisik. Apalagi sabun yang khusus bagi bagi kulit berminyak. Jika hendak membasuh muka, cukup basuhlah dengan menggunakan air saja.

3). Hindarilah aktivitas merendam tubuh atau wajah di dalam air terlalu lama, sebab dapat menyebabkan minyak di wajah menjadi keluar. Jika Anda ingin melakukannya, lebih baik gunakanlah air hangat atau air panas untuk mandi, namun jangan sering-sering membasuh wajah dengan sabun mandi. Pada pagi hari basuhlah wajah dan tubuh Anda dengan air dingin. Setelah itu gunakanlah pelembab pada wajah. Sebagai catatan: basuhlah busa sabun yang tersisa di kulit hingga bersih. Sebab lapisan busa yang ditinggalkan di kulit dapat menyebabkan kekeringan. Hindarilah mandi berkali-kali dalam sehari. Beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk mandi sekali saja dan pilihlah sabun dengan formula yang lembut jangan keras.

4). Minumlah air sebanyak mungkin dan konsumsilah buah-buahan dan sayuran. Hal ini dapat menghindari Anda dari dehidrasi yang menyebabkan kulit tampak kering dan keriput.

5). Jika Anda naik mobil atau di dalam ruangan, hindarilah terlalu banyak terkena AC dan sengatan langsung sinar matahari. Sebab hal ini akan membuat kulit menjadi kering.

6). Lakukanlah olah raga yang cukup. Sebab dapat membantu mengatasi kekeringan kulit. Hal ini karena dengan berolahraga kita dapat berkeringat sehingga wajah kita dapat mengeluarkan keringat yang dapat membantu melembabkan kulit wajah. Selain itu dapat menambah aliran darah dan dapat menyuplai inti sari nutrisi ke kulit.

7). Pilihlah pelembab yang bagus dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Sebab apa pun jenis kulit Anda, pelembab yang bagus sangat bermanfaat. Misalnya, jika kulit terasa ketat dan kering berarti kulit membutuhkan pelembab. Namun yang perlu diperhatikan ialah, pilihlah pelembab yang bagus dan sesuai dengan wajah Anda. Sebab salah dalam memilih pelembab bisa-bisa malah menyumbat pori-pori atau memperbesar pori-pori dan membuat kulit tampak kusam atau berminyak. Kulit yang bagus tidak meninggalkan rasa berminyak setelah pelembab ditinggal di kulit.

Untuk Jenis Kulit Sensitif
Kulit sensitif itu merupakan kulit yang mudah terangsang dan terpengaruh oleh keadaan lingkungan sekitarnya. Maka jika Anda memiliki jenis kulit semacam ini haruslah pandai-pandai merawatnya. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan jika Anda memiliki jenis kulit sensitif ini.

1). Sebelum Anda menggunakan suatu produk kecantikan, lakukanlah uji alergi terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda alergi atau tidak terhadap produk tersebut. Bila perlu konsultasikanlah ke doktor atau ahli wajah agar diketahui jenis-jenis perawtan dan kosmetik mana yang cocok untuk kulit wajah Anda.
2). Janganlah Anda men-scrub wajah dengan benda-benda yang kasar. Sebab kulit wajah Anda sensitif. Kulit sensitif jiika terkena benda-benda kasar justru malah mudah terpengaruh, bisa terkelupas, bersisik dan lainnya.

3). Jika perlu, gunakan produk kecantikan wajah tanpa pewangi. Sebab pewangi biasanya mempunyai kadungan zat-zat tertentu yang keras.

Untuk Jenis Kulit Kombinasi
Jenis kulit kombinasi ini kadang serba susah. Sebab perawatannya kadang cocok-cocokan. Apabila digunakan perawatan kulit sensitif kadang pas kadang juga tidak, dan apabila digunakan jenis perawatan wajah lainnya. Namun Anda jangan khawatir, berikut ini adalah tips untuk merawat jenis kulit wajah kombinasi.
1). Gunakanlah sabun dengan pH balance. Sebab hal ini sesuai dengan tingkat keasaman alamiah kulit.

2). Gunakanlah krim pelembap di bagian pipi dan oleskan sedikit saja di zona-T Anda.

3). Bila perlu, lakukanlah perawatan pengelupasan kulit (exfoliation) hanya di daerah zona-T Anda.

4). Saat Anda melakukan facial wajah, hindarilah proses menghilangkan jerawat di daerah pipi. Misalnya dengan memijat atau mencongkelnya.

5). Usaplah zona-T Anda dengan tissue sebelum memakai make up atau pelembab dan kosmetik lainnya.

Inilah Cara Benar Merawat Kulit Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit Anda yang bisa Anda praktikkan di rumah.

1 comment:

  1. sudah tau belum, sekarang cari kosmetik aman itu gak susah loh :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan sesuai dengan topik. Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!