Monday 22 August 2016

Kecantikan di Alam Pikiran Wanita Korea

Di berbagai kebudayaan dan bangsa, kecantikan selalu menjadi kata magis yang diupayakan dan dipertahankan oleh setiap kaum wanita termasuk di Korea. Wanita-wanita Korea menganggap bahwa kecantikan dan wanita adalah satu kesatuan. Artinya, namanya sudah menjadi wanita maka harus tampil cantik. Kalau tidak cantik, maka percuma menjadi wanita.

Dengan pandangan seperti itu, maka kecantikan bagi wanita adalah sesuatu yang mutlak harus ada. Jika kecantikan belum didapat maka wanita Korea akan mengupayakan segenap kemampuan untuk mempercantik diri. Jika ternyata lahir sebagai wanita yang jelek, maka ia akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa tampil secara cantik. Sebab kecantikan bagi wanita Korea adalah kebanggaan dan status sosial sesama wanita. Semakin cantik dan anggun wanita tersebut maka semakin senang, percaya diri dan dibanggakan di kalangannya.
 
Ha Ga In, actress tercantik Korea
Supaya tampil cantik, wanita Korea memiliki berbagai make up yang dibuat dari ramuan-ramuan tradisional. Banyaknya jenis dan macam aksesoris serta make up yang dipakai oleh wanita Korea cukup menjadi bukti bahwa wanita Korea sejak jaman dahulu memang sudah trend melakukan perawatan kecantikan bagi wajah. Bahkan, kosmetik dan aksesoris kecantikan pun memiliki strata sosialnya masing-masing. Di mana kalangan wanita bangsawan dan kelas atas memakai corak, warna, dan make upa yang mahal serta tinggi. Sedangkan mereka yang berada di kelas bawah dan rakyat biasa cukup memakai make up murahan dan harus berbeda dengan yang dipakai wanita kelas atas.

Kondisi perawatan dan pandangan wanita tentang kecantikan juga masih terjaga sampai hari ini. Wanita-wanita Korea saat ini memposisikan kecantikan sebagai sesuatu yang utama di dalam dirinya selain pendidikan dan karier. Bagi mereka wanita cantik adalah wanita yang langsing dan tinggi dengan kulit putih. Kalau di Indonesia, jika seseorang dipuji cantik, maka orang itu akan berterima kasih. Hal ini berbeda kalau di Korea, jika seorang memuji cantik maka mereka akan berkata bahwa dirinya adalah jelek. Hal ini karena kecantikan bagi wanita Korea saat ini sudah menjadi hal yang biasa. Bahkan, mereka tidak menydari kalau dirinya adalah cantik, sebab yang dilakukan wanita Korea setiap hari adalah bagaimana berdandan dengan cantik setiap hari sehingga sudah menjadi kebiasaannya yang wajar.

Oleh sebab itu, wanita Korea sangat peduli dengan penampilannya. Para wanita Korea tak akan keluar rumah tanpa memastikan mereka tampil menarik 100 persen dari kepala hingga kaki. Untuk mendapatkan hal itu, mereka pun tak segan-segan mengeluarkan banyak uang untuk perawatan kecantikan, bahkan operasi plastik sudah menjadi hal yang wajar dilakukan oleh remaja Korea.

Saat ini, kecantikan bagi wanita Korea telah menjadi nilai yang tertanam sejak kecil. Hal ini terungkap oleh salah satu penuturan mahasiswa Amerika yang melakukan studi dan pertukaran siswa di Korea. Di Korea, semua siswi kalau ditanya siapa yang cantik di kelas, mereka selalu berkata bukan kami, tapi menunjuk temannya yang punya Sang-Ka-Pul (mereka menunjuk lipatan mata). Mereka berkata, setelah ujian SAT (setingkat Ebtanas sepertinya) selesai, semua siswa tingkat atas minum-minum  dan membuat Sang-Ka-Pul di matanya.
 
Park Min Young, actrees tercantik korea
Bahkan salah satu siswi menunjukkan cara membuat Sang-Ka-Pul. Anak tersebut sama sekali tidak takut kalau matanya bisa terluka dengan benda mengerikan sebab ia membuat Sang-Ka-Pul dengan bolpen. Menurutnya, orang Amerika tidak perlu menggunakan lem untuk membuat Sang-Ka-Pul karena mereka sudah memilikinya. Kenapa mereka suka mata seperti itu? Karena mata asli Korea yang sipit kesannya kuno. Selain itu, mereka juga bersedia melakukan operasi plastik demi penampilan. (Hal ini sesuai dengan data bahwa 77% wanita Korea Selatan menginginkan bedah plastik). Apalagi ibu mereka mendukung dan memuji penampilan baru anaknya. “Seumur hidup ibuku tidak pernah memujiku, tapi saat aku punya Sang-Ka-Pul, ibuku berkata aku cantik dan ia senang.”


Sedangkan di sekolah kita, setiap menit kita dengar para ibu atau guru-guru memuji anak-anak kecil itu cantik, pintar, lucu, dan manis. Alasan lain kenapa mereka susah payah mendapatkan kecantikan palsu adalah agar bisa punya pacar. Pria Korea tidak suka jika seorang gadis menggunakan braces (kawat gigi). Jika ada yang pakai braces, gadis itu harus menjomblo dulu sampai kawat giginya dilepas [RJ].

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan sesuai dengan topik. Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!