Wednesday 15 April 2015

Inilah Cara Sederhana Menghindari Jerawat dari Gaya Hidup Sehat


hidup sehat penangkal jerawat
Jerawat tidak melulu disebabkan oleh faktor genetik, namun sebagian lainnya karena kebiasaan hidup yang buruk. Karena kebiasaan hidup menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat, maka kebiasaan hidup juga bisa menangkal atau menghindari jerawat. Inilah cara sederhana menghindari jerawat dari gaya hidup sehat.

Tips-tips berikut ini akan membantu Anda mengantisipasi munculnya masalah jerawat pada wajah Anda.

1). Mulailah untuk menjaga kebersihan muka dan rambut. Kotoran yang melekat di muka dan kulit kepala (ketombe dan bakteri) memicu timbulnya jerawat batu dan jerawat yang meradang. Oleh karena itu, sebaiknya kita rajin dalam menjaga kebersihan kulit muka dan kepala dengan cara memberikan dengan sabun yang tepat dan melakukan keramas secara rutin. Tidak dianjurkan untuk menggunakan pembersih muka yang mengandung alkohol karena alkohol dapat memperbesar pori-pori kulit yang pada akhirnya dapat menjadi tempat bagi kotoran maupun bakteri menumpuk ataupun berkembang di sana.

2). Selalu menjaga kebersihan wajah, dengan rajin membasuh muka dengan sabun yang cocok dengan jenis kulit Anda. Dapat Anda lakukan dengan jenis pembersih wajah tertentu yang juga harus sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu membasuh secara rutin dengan air hangat pad waktu malam juga dapat membantu. Berwudhu juga termasuk terapi ampuh untuk mengurangi jerawat.

3). Rajin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang lumayan banyak dapat menghasilkan keringat. Sebagaimana kita ketahui, mengeluarkan keringat baik untuk mengurangi kadar lemak jenuh dan minyak dalam kelenjar minyak. Hal ini juga dapat mengurangi tingkat keparahan jerawat Anda.

4). Rajinlah untuk minum air putih sebanyak-banyaknya. Dengan mengonsumsi air banyak maka sistem "pengairan" di tubuh Anda akan lancar. Darah ataupun organ lain dalam tubuh akan lebih sehat sehingga dapat mendukung proses pencernaan. Dan penyakit akan mudah sembuh. Selain itu air putih dapat menjaga kelembaban kulit wajah.

5). Hindari stress berlebihan karena bisa menjadi pemicu semakin banyaknya produksi kelenjar. Sehingga bila minyak produksinya berlebih dan tersumbat maka akan terjadilah yang namanya jerawat.

6). Hindarilah pemakaian kosmetik yang berbahan dasar minyak. Lebih baik gunakanlah produk perawatan wajah yang noncomedogenic (tidak menyebabkan komedo) dan acnegenic (tidak menyebabkan jerawat). Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sunblock (oil free) ketika berada di luar rumah. Jika aktivitas Anda berada di dalam ruangan, maka bersihkanlah sunblock setelah 2 jam pemakaian. Dan ketika kembali akan beraktivitas di luar ruangan gunakanlah kembali sunblock tersebut.

7). Jangan merokok dan mengonsumsi alkohol. Sebab hal ini akan mengganggu proses kesehatan Anda.

8). Kurangilah dalam mengonsumsi makan telur baik itu telur yang direbus, ataupun telur yang di goreng. Jenis jerawat yang muncul apabila kebanyakan makan telur adalah jerawat bisul agak besar-besar.

9). Perbaikilah metabolisme tubuh maupun pencernaan Anda dengan mengonsumsi Virgin Coconut Oil secara rutin. Selain itu, jangan menahan buang air besar maupun buang angin karena hal ini dapat merusak sistem pencernaan dan sistem pembuangan yang dapat meracuni tubuh dan mengakibatkan jerawat bisul.

10). Janganlah sembarangan menggunakan sembarangan obat jerawat, make up, kosmetik dan pencuci wajah yang mengandung bahan kimia yang membahayakan wajah Anda. Sebelum memakai periksalah jenis wajah Anda dan perhatikan kontra indikasi yang dapat terjadi pada tabel.

1 comment:

  1. Hidup sehat itu tidaklah perlu mahal-mahal. contohnya saja cara di atas, kebanyakan orang yang mahal itu gayanya.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan sesuai dengan topik. Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!