Saturday 4 April 2015

Jerawat Muncul Di Wajah? Eit Jangan Asal Pencet, Lakukan Perawatan Cepat berikut ini


perawatan wajah jerawat
Jerawat tiba-tiba muncul di wajah Anda? Nyebelin memang, tapi jangan asal pencet jika tidak ingin tambah parah dan berbekas jadi noda hitam. Sebaiknya Anda melakukan langkah-langkah perawatan Cepat berikut ini.

Lakukanlah Pembersihan Wajah
Anda dapat menggunakan pembersih wajah yang mengandung minyak esensial yang sudah di formulasikan berdasarkan jenis kulit, kondisi, kelainan kulit dalam hal ini jerawat, serta berdasarkan karakter, sifat dan kepribadian si penderita. Produk-produk pembersih wajah untuk jerawat juga sudah banyak di jual di apotek-apotek.

Sedangkan cara melakukannya ialah dengan cara mengoleskan cairan pembersih (kalau dia berbentuk cair) pada kapas dan dioleskan secara manual pada kulit wajah Anda. Atau jika berbentuk seperti sabun dapat dilakukan dengan menggunakan air sebagai pembilasnya. Bisa juga dilanjutkan dengan brush cleanser. Fungsinya ialah membersihkan kulit Anda dari kotoran maupun sumbatan pori-pori yang berasal dari kosmetik atau dari debu dan lingkungan sekitar.

Gunakanlah Enzyme peeling
Enzim yang dapat digunakan di sini adalah enzim yang diformulasikan dari buah pepaya (papain enzyme). Papain enzyme merupakan suatu enzim protelitik yang dapat menghancurkan protein dan meleburkan sel-sel kulit yang mati. Cara pemakaiannya ialah dengan cara mengoleskan enzim tersebut pada permukaan kulit wajah Anda.

Setelah itu lakukanlah penguapan terhadap kulit Anda dengan menggunakan uap air panas. Hal ini dilakukan agar enzim tersebut dapat aktif. Namun perlu dicatat, enzim tersebut hanya dapat bekerja apabila kondisinya sama dengan suhu tubuh si pengguna.

Oleskanlah Larutan desinkrutasi pada wajah
Larutan tersebut dapat dioleskan pada wajah Anda yang sedang terkena jerawat. Caranya ialah dengan menggunakan alat atau mesin galvanic berupa elektroda yang bekerja secara berpasangan (positif dan negatif). Alat ini berguna untuk membersihkan pori-pori lebih dalam (deep cleansing). Menurut ketentuannya, tujuh menit pertama yang bekerja adalah kutub negatif. Pada tahap ini, permukaan kulit dan pori-pori kulit akan terjadi cairan yang hampir sama dengan sabun yang bersifat basa.

Sabun ini akan mengubah keasaman kulit sedikit, serta melarutkan minyak, membuka pori-pori sedikit, dan melunakkan sumbatan. Larutan tersebut mengandung glycerin yang dapat melunakkan serta melembutkan kulit. Setelah itu, dapat dilanjutkan dengan pembersih komedo. Setelah itu larutkan desinkrutasi dioleskan lagi. Kali ini kutub yang digunakan, kutub positif. Kutub positif akan memproduksi asam dikulit, berfungsi mengembalikan fungsi kulit ke posisi semula, mengembalikan tekstur kulit, mengecilkan pori-pori, mengurangi kemerahan, serta menetralisasi basa menjadi asam kembali, sesuai dengan keasaman kulit.

Penggunaan alat high frequency
Cara menggunakan alat ini adalah dengan cara pengolesan terlebih dahulu pada seluruh wajah dengan jeli aloe vera yang dicampur dengan minyak esensial. Kemudian pusatkanlah pada bagian kulit yang berjerawat, selama 10-25 menit. Dalam penggunaannya, alat ini menggunakan sinar argon/ultraviolet yang menghasilkan ozon. Fungsinya ialah sebagai antibakteri, antiperadangan, meningkatkan sirkulasi darah, mempercepat penyembuhan jerawat, mengatur produksi minyak, dan mengecilkan pori-pori pada kulit wajah.

Lakukanlah Lymph drainage massage
Lymph dranaige massage adalah pijatan yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi getah bening. Di mana getah tersebut merupakan bahan-bahan yang mengandung racun. Selain itu, pijatan juga dapat menetralkan kuman penyakit. Pada kondisi jerawat meradang, hanya dilakukan lymph drainage massage, tetapi pada jerawat yang tidak meradang, setelah dilakukan pijat lymph drainage massage, dilanjutkan dengan Swedish massage.

Gunakanlah masker wajah
Anda juga dapat melakukan pengolesahan masker pada wajah. Masker khusus jerawat juga sudah banyak tersebar di berbagai apotek obat. Anda dapat melakukannya pada malam hari, serta pilihlah masker yang cocok atau sesuai dengan kondisi kulit atau jerawat Anda. Masker yang digunakan harus merupakan campuran kaolin (mineral yang berfungsi mengangkat sisa-sisa kotoran yang berada di pori-pori), ekstrak tumbuhan dan minyak esensial.

Caranya ialah dengan mengoleskan masker pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Sambil menunggu waktu itu, dapat juga dilakukan pemijatan pada bagian lengan dan bahu atau tungkai kaki sampai ke paha. Setelah masker mengering, bersihkanlah wajah Anda. Untuk hasil yang baik, tambahkanlah olesan pelembab atau minyak wajah (face oil) yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Bekas-bekas jerawat juga dapat diolesi dengan obat antibiotik alami dalam bentuk minyak esensial.

Sebagai catatan, tips ini pada awalnya dilakukan 4 kali selama sebulan. Jika kondisi wajah terlihat mulai membaik, maka dapat dilakukan 2 kali selama sebulan. Setelah itu sebagai jaminan untuk menjaganya, cukup dilakukan satu kali selama sebulan. Setelah beberapa kali perawatan dan jika Anda ingin menghilangkan bekas jerawat, maka lakukanlah terapi tambahan. Yaitu, dengan menggunakan alat microdermabration yang fungsinya untuk menghaluskan kulit, menghilangkan noda hitam bekas jerawat, dan menghilangkan jaringan parut dengan cara mengelupaskan lapisan sel-sel kulit mati, merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan jaringan kolagen sehingga menutupi lubang bekas jerawat.

Selain cara-cara tersebut, berikut juga cara-cara yang dapat Anda lakukan sendiri secara lebih mudah.
1). Janganlah menggosok atau menyakiti kulit wajah Anda yang sedang terkena jerawat. Sebab hal itu justru dapat memperparah kondisi jerawat.

2). Lakukanlah pengobatan sederhana dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka ini dapat bekerja pada kulit yang jerawat. Namun, dengan catatan jerawat tersebut bukan disebabkan oleh iritasi pemakaian produk jerawat, atau perawatan yang memberi efek gagal pada wajah.

3). Sebaiknya gunakan make up yang berlabel non-acnegenic atau non-comedogenic. Kosmetik tersebut tentunya telah di khususkan atau dirancang untuk jenis kulit berjerawat.

4). Anda juga dapat memakai tepung maizena, putih telur, atau susu murni sebagai masker muka.

5). Jangan lupa, perbanyaklah untuk meminum air putih secara teratur. Air merupakan zat yang dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh dan baik untuk kesehatan.

6). Anda juga dapat mengonsumsi beberapa siung bawang putih mentah setiap harinya dan dua buah apel. Jika perlu, lakukanlah program puasa atau diet (di mana telah disinggung pada bab sebelumnya).

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan sesuai dengan topik. Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!